Penyelamatan Tanah, Air, dan Lingkungan

Berbagai tulisan beberapa ahli di bidang ilmu tanah, air dan lingkungan yang menjadi materi presentasi diberbagai seminar/lokakarya tertuang dalam buku ini. Adapun topik yang dibahas  mengenai berbagai aspek tentang kerusakan sumber daya lahan, air dan lingkungan serta tindakan yang diperlukan untuk mengatasi akibat dan dampak kerusakan.

Diungkapkan bahwa dalam mengatasi akibat dan dampak kerusakan ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, melainkan juga oleh masyarakat umum, karena masyarakatlah yang secara langsung menanggung akibatnya. Upaya upaya penanggulangan yang dilakukan tidak hanya dari aspek fisiknya saja akan tetapi juga meliputi aspek sosial, ekonomi dan perundang-undangan.  Untuk maksud tersebut diperlukan pemahaman mengenai penyebab, aspek-aspek yang mempengaruhi terjadinya kerusakan dan tindakan yang harus diambil untuk menyelamatkan tanah, air dan lingkungan kita.

Buku ini terdiri dari 3 (tiga) bagian dimana pada bagian pertama mengetengahkan manajemen sumber daya lahan dalam usaha pertanian berkelanjutan; pentingnya konservasi sumberdaya lahan; pemanfaatan lahan berbasis rencana tata ruang sebagai upaya perwujudan ruang hidup yang nyaman, produktif dan berkelanjutan; aspek keagrariaan dalam pengelolaan tanah; dan urgensi pengembangan lahan pertanian pangan abadi alam perspektif ketahanan pangan.

Dibagian kedua membahas beberapa dimensi masalah sumberdaya air kearah pengelolaan optimal; konservasi tanah dan air dalam penyelamatan sumberdaya air; efisiensi pemanfaatan sumberdaya air: suatu tinjauan dari sisi agroklimat dan hidrologi; dan pengelolaan ekosistem mata air, sedangkan dibagian ketiga tentang sumberdaya alam dan lingkungan.