Buku Putih Sanitasi Kota Jambi

Buku Putih ini berisi hasil pengkajian  dan pemetaan sanitasi yang mencakup semua data dan informasi sarana sanitasi yang ada, termasuk aspek peraturan, insitusi dan keuangan, dan berasal dari seluruh pemangku kepentingan di kota Jambi (umumnya dari SKPD terkait).

Buku ini diperbaharui secara berkala, yang berarti buku ini mengikuti kemajuan sesuai perkembangan implementasi rencana-rencana pengembangan sanitasi kota dan menjadi dasar penyusunan Strategi Sanitasi Kota.

Buku ini berisi penanganan sanitasi di tingkat kota yang dilakukan secara sektoral oleh SKPD kota dengan arah yang terpadu dan terencana dengan baik dalam mengantisipasi dampak buruknya sanitasi  yang akan timbul, perilaku masyarakat kurang tertib dalam membuang sampah di TPS sehingga sampah berserakan sedangkan pembangunan TPS baru banyak mendapatkan penolakan dari masyarakat masyarakat yang bermukim di dataran rendah sekitar sungai Batanghari rutin terkena banjir.

Untuk mendapatkan air sebagai salah satu kebutuhan pokok, sebagian penduduk Kota Jambi telah mendapatkan pelayanan air bersih dari PDAM Tirta Mayang  dengan cakupan pelayanan 60%. Sedang sisanya sebanyak 40% penduduk mendapatkan air untuk keperluan sehari-hari dari sumur-sumur dangkal, sumur dalam dan sumber air lainnya.