Agenda 21 Sektoral: Agenda Pariwisata untuk Pengembangan Kualitas Hidup Secara Berkelanjutan

Dokumen sektor pariwisata ini ditujukan bagi para pihak yang terkait dalam pembangunan dan perwujudan pariwisata nasional untuk dapat digunakan sebagai berikut:
- Pedoman bagi perwujudan peran masing-masing kelompok pelaku (aktor): pemerintah (pusat dan daerah), industri, masyarakat maupun wisatawan.
- Sarana untuk relokasi/ pembagian tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan dan terselenggaranya pariwisata yang berkelanjutan di daerah tujuan wisata (destinasi), maupun di tingkat yang lebih tinggi (kota, kabupaten, propinsi, nasional).

Bab 1,2 dan 3 merupakan bagian yang tak terpisahkan satu sama lain. Bab 1 mencoba menggambarkan kecenderungan praktek-praktek kepariwisataan di negara berkembang, khususnya Indonesia, dan keinginan pemerintah untuk memulai 'lembaran baru' kepariwisataan Indonesia yang didasari pada semangat otonomi daerah, penyelenggaraan Good Governance, penciptaan Sustainable Human Development, serta penegakan Hak Asasi Manuasia yang dirumuskan dalam suatu kerangka konseptual.

Bab 2 merupakan bagian yang menggambarkan 'state of the art'  kepariwisataan Indonesia, dan situasi  kepariwisataan masa mendatang yang diinginkan serta identifikasi isu-isu strategis dalam penyelenggaraan pariwisata berkelanjutan.

Bab 3 merupakan Agenda Pembnagunan Kepariwisataan Nasional, yang dikelompokkan menurut para pelakunya (pemerintah, Industri, Masyarakat) serta agenda yang menjadi tanggung jawab para pihak di dalam menyelenggarakan pariwisata yang beratnggung jawab terhadap kelestarian alam dan berkelanjutan. Pada dasarnya agenda tersebut adalah prinsip-prinsip untuk memikul bersama tugas penyelenggaraan kepariwisataan secara sinergik dan tanggung jawab bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Dokumen ini disertai dengan lampiran yang berisikan berbagai hal sebagai rujukan Pembnagunan Pariwisata Berkelanjutan untuk berbagai pihak yang akan terlibat serta sumber informasi yang terkait.

Daftar Isi:

Sambutan
Kata Pengantar
Daftar Lampiran
Daftar Tabel dan Gambar
Definisi
Daftar Singkatan

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Landasan Berpikir Konseptual
1.3 Ruang Lingkup

2. Pariwisata Indonesia: Situasi Saat Ini dan Tantangan Ke Depan
2.1 Perkembangan Pariwisata Internasional dan Nasional
2.2 Tinjauan Kritis Kebijakan Pariwisata Indonesia
2.3 Pariwisata Indonesia yang Diharapkan pada Masa Mendatang
2.4 Tantangan: Isu-Isu Strategis

3. Agenda Pembangunan Ke Depan
3.1 Kesadaran tentang Tanggung Jawab terhadap Lingkungan
3.2 Pergeseran Peranan Pemerintah Pusat dalam Pembangunan Pariwisata
3.3 Peningkatan Peranan Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Pariwisata Nasional
3.4 Kemantapan Industri Pariwisata
3.5 Kemitraan dan Partisipasi dalam Pembangunan Pariwisata

Lampiran
Daftar Pustaka
Ucapan Terima kasih