Blue Gold: Perampasan dan Komersialisasi Sumber Daya Air

Sumber dunia yang paling fundamental dan vital "air" menghilang dengan cepat. Nyatanya, kekurangan air secara global terus meningkat menjadi krisis ekologi, ekonomi, dan politik yang paling mengancam dalam abad kedua puluh satu. Bahkan wakil presiden Bank Dunia pernah meyatakan, "Air akan menjadi penyebab perang di masa depan".

Dalam Blue Gold, Barlow, Maude and Clarke, Tony, menunjukkan bagaimana perusahaan - perusahaan transnasional mengklaim atas air dunia dan menggelar untuk mengontrol persediaan air dunia yang jumlahnya makin menipis, lalu mengemas dan menjualnya kembali kepada kita dengan harga yang semakin tidak masuk akal. Di Inggris dan Prancis, dimana mata air telah diprivatisasi, tarif air meningkat tajam dan kekurangan air bersih semakin parah. Perusahaan - perusahaan raksasa itu membeli hak atas air bersih dan menghabiskan persediaan air yang amat penting dan sebenarnya merupakan hak setiap orang.

Dalam Blue Gold menunjukkan bagaimana perusahaan - perusahaan raksasa itu bertindak demi kepentingan mereka sendiri dan bagaimana air hanya akan mengalir ke atas bukit, kepada mereka yang kaya dan mampu membelinya. Mereka juga mengingatkan kita dengan informasi dan strategi yang kita butuhkan untuk mencegah hal itu di negara kita sendiri dan secara global. Hanya ada satu tindakan yang harus kita ambil " kita harus menjadi penjaga air bersih yang bertanggung jawab".