Buku Saku Monitoring dan Evaluasi PAMRT (Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga)

Monitoring dan evaluasi merupakan bagian krusial dalam sebuah program untuk memberi masukan mengenai perubahan yang terjadi, seperti ketidaksesuaian rencana program dengan keadaan lapangan atau bila terjadi beberapa perubahan di lapangan. Memang rencana program adalah pedoman pelaksanaan di lapangan, tetapi bukan berarti tidak bisa disesuaikan di kemudian hari bila diperlukan. Monitoring dan evaluasi adalah cara untuk mendeteksi apakah rencana program perlu dimodifikasi. Monitoring dan evaluasi (monev) bukan solusi masalah program, melainkan alat yang bisa dimanfaatkan untuk mencari solusi. Monitoring adalah pengumpulan dan analisis data secara berkala selama program berjalan, untuk meningkatkan efisiensi dan keefektifan sebuah program, berdasarkan target dan aktifitas yang direncanakan, sedangkan evaluasi merupakan pembandingan antara pencapaian program dengan rencana.
       
Kegiatan monev diawali dengan penjabaran tujuan program – untuk apa program dirancang dan apa yang akan dicapai – menjadi pencapaian program.
       
Buku saku ini berisi hal-hal penting terkait monitoring dan evaluasi PAM RT, meliputi latar belakang, pengertian, konsep, prosedur, alat, matriks hingga contoh lembar monitoring dan evaluasi untuk perilaku pengelolaan air minum dalam rumah tangga.