Dari Kesadaran Ke Tindakan - Pembangunan AMPL yang Lebih Sensitif Gender (Review dan Draft Concept Note Mengenai Implementasi Pengarus Utamaan Gender Dalam Pembangunan AMPL

Ada sebuah pertanyaan penting yang selalu mengusik selama mengoperasionalisasikan kebijakan nasional AMPL, terutama terkait dengan isu Gender. Pertanyaan tersebut adalah "Apakah kesadaran seseorang atau kelompok mengenai pentingnya peran perempuan dalam pembangunan AMPL selalu diikuti dengan tindakan dalam pelaksanaan di lapangan "

Pertanyaan tersebut menjadi pijakan kegiatan review WASPOLA Facility untuk melihat sejauh mana butir ke-6 dari Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL yang terkait dengan pengarusutamaan gender diimplementasikan. Kegiatan review gender dilakukan dalam rangka melakukan kajian kepustakaan, termasuk dokumen operasionalisasi Kebijakan Nasional AMPL-BM, menyusun concept note dan action plan.

Sampai sejauh ini, yang sudah dilaksanakan adalah melakukan kajian kepustakaan termasuk me-review kegiatan WASPOLA dengan fokus "content kegiatan operasionalisasi Kebijakan Nasional dengan memasukkan dimensi gender sebagai komponen analisisnya sebagaimana yang tercermin dalam dokumen renstra pembangunan AMPL-BM ".

Untuk menguatkan review kegiatan operasionalisasi Kebijakan Nasional dilakukan pendalaman melalui refleksi internal konsultan WASPOLA, dan melalui kajian eksploratif pemahaman gender dan pelaksanaannya dalam pembangunan AMPL. Kajian eksploratif dengan instrumen kuestionaire dilakukan di 3 kabupaten, yaitu : Timor Tengah Utara, Grobogan, dan Kebumen. Selain itu, juga di lengkapi dengan diskusi terfokus (FGD) dan wawancara mendalam dengan masyarakat dan personel Pokja.

Dari hasil review kegiatan gender dalam pembangunan AMPL yang telah dilakukan, maka disusun draft concept note sebagai pijakan untuk menyusun strategi pengarusutamaan gender mendatang sesuai dengan mandat yang diemban WASPOLA Facility untuk melakukan perubahan. Bagaimana kesadaran yang telah ada pada pelaku AMPL diwujudkan atau diubah menjadi suatu tindakan melalui program implementasi yang terarah dan membawa manfaat yang lebih baik kepada masyarakat, menciptakan akses dan manfaat yang setara, baik kepada laki-laki maupun perempuan. Dengan demikian pembangunan akan lebih berkelanjutan.

DAFTAR ISI :

Daftar Isi

Pengantar

1. Summary Hasil Review Pengarus Utamaan Gender Dalam Pembangunan AMPL

   1.1.Dasar Pemikiran Review

   1.2.Hasil Review Kegiatan WASPOLA

2. Draft Concept Note Pengarus Utamaan Gender Dalam Pembangunan AMPL

   2.1.Pengarusutamaan dan Kesetaraan Gender

   2.2.Kebijakan Kesetaraan Gender

   2.3.Nilai Tambah Pengarus Utamaan Gender

   2.4.Mengintegrasikan Pengarus Utamaan Gender ke dalam RENSTRA, SAMIK dan SSK

   2.5.Roadshow

   2.6.Kelompok Kerja

   2.7.Data Diperlukan

   2.8.Rencana Kegiatan WASPOLA Facility

   2.9.Draft Tools Fasilitasi Pengarus Utamaan Gender

LAMPIRAN