Ecocide: Politik Kejahatan Lingkungan Dan Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia antara "rumah tangga manusia" dengan "rumah tangga alam" terdapat interaksi aktif. Pada tahap permulaan peradaban hubugan alam dengan manusia ditandai oleh dominansi alam terhadap manusia. Untuk kurun waktu lama manusia menyesuaikan masa tanam pertanian dengan mempelajari tanda - tanda alam.

Manusia berkembang biak dan memiliki kemampuan mengembagnkan ilmu dan teknologi. Secara bertahap manusia "energi api" serta kemampuan membuat alat buatan manusia untuk membantunya mengolah alam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hubungan manusia berubah dan bergeser dari "manusia dikuasai alam dalam "ekonomi tarsan, yang bekerja dengan otot menjadi "manusia menguasai alam", dalam "ekonomi einstein" yang bekerja dengan otak, sains dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Yang menjadi permasalahan sekarang adalah terdapatnya ketimpangan pembagian pendapatan antar kelompok penduduk di dalam satu generasi (intergenerasi) dan antara generasi sekarang dengan generasi datang (intergeneration). Terutama di tingkat global, proses pembangunan sekarang sudah beranjak dari ketimpangan pendapatan yang terdapat sekarang baik intra maupun inter -generasi.