Hasil Lokakarya I: Kaji Ulang Kebijakan Nasional dan Identifikasi Isu Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan di Propinsi Gorontalo, Agustus 2004

Tujuan dari lokakarya ini adalah agar peserta mendalami kebijakan Nasional AMPL berbasis masyarakat, membangun persepsi bersama tentang kebijakan nasional AMPL berbasis masyarakat serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan upaya menjawab tantangan tersebut, mendapatkan peta permasalahan pengelolaan AMPL masa lalu, sekarang dan kondisi yang diharapkan, menetapkan prioritas permasalahan pengelolaan AMPL daerah, memperoleh gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan pelayanan AMPL di daerah, serta membangun kesadaran bersama terhadap pentingnya keberlanjutan AMPL di daerah.
  
Lokakarya dilaksanakan 2 hari, tanggal 26-27 Agustus 2004. Pembukaan di Aula Dulohupa Kantor Gubernur Propinsi Gorontalo, dan kegiatan lokakarya dilaksanakan di Graha Mulia, Kota Gorontalo. Acara dimulai dengan pembukaan dan arahan oleh Mansyur Detuage, Sekda Propinsi Gorontalo, dilanjutkan dengan acara perkenalan dan pengungkapan harapan oleh peserta, lalu pemahaman terhadap kebijakan (penjelasan singkat tentang 11 pokok kebijakan nasional pembangunan AMPL berbasis masyarakat, dilanjutkan dengan diskusi kelompok). Acara dilanjutkan dengan sesi Isu pembangunan AMPL daerah, serta sesi pembahasan tugas dan fungsi kelompok kerja AMPL Propinsi Gorontalo.
  
Hasil dari lokakarya ini adalah adanya kerangka persepsi, tantangan dan alternatif upaya mengatasi tantangan operasionalisasi kebijakan nasional pembangunan AMPL berbasis masyarakat, daftar permasalahan pengelolaan AMPL daerah masa lalu dan sekarang, kondisi AMPL yang diharapkan pada masa yang akan datang, daftar prioritas masalah penanganan AMPL berbasis masyarakat, serta rencana kerja umum pelaksanaan kebijakan nasional pembangunan AMPL berbasis masyarakat.

Daftar Isi:

Daftar isi

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Lokakarya
1.3 Keluaran Lokakarya
1.4 Waktu dan Tempat
1.5 Peserta
1.6 Agenda Lokakarya

2. Proses Lokakarya
2.1 Pembukaan dan Arahan
2.2 Perkenalan dan Harapan
2.3 Pemahaman terhadap Kebijakan
2.4 Isu Pembangunan AMPL Daerah
2.5 Tugas dan Peran Kelompok Kerja AMPL Propinsi

3. Rencana Tindak Lanjut

4. Kesimpulan dan Rekomendasi
  
Lampiran 1. Daftar Peserta Lokakarya
   Lampiran 2. Sambutan Wakil Gubernur Propinsi Gorontalo