Hasil Lokakarya II: Penyusunan Rencana Fasilitasi Diseminasi Adopsi Operasionalisasi Kebijakan Nasional Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan oleh Propinsi Bangka Belitung, Desember 2004

Pemerintah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak bulan Juni 2004 telah bekerjasama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Nasional dalam rangka uji coba dan adopsi kebijakan AMPL Berbasis Masyarakat. Berbagai kegiatan telah dilakukan bersama guna mencapai adopsi kebijakan nasional AMPL-BM, diantaranya adalah pelaksanaan lokakarya pendalaman kebijakan dan isu-isu strategis AMPL bersama pelaku pembangunan AMPL se-Bangka Belitung, supervisi Pokja AMPL-BM Bangka Selatan dan FGD pelaksanaan pembangunan AMPL antara Pokja AMPL Propinsi Bangka Belitung dengan seluruh Pimpro AMPL se-Kepulauan Bangka Belitung.
  
Salah satu harapan besar Pemerintah Pusat kepada Pemprop Kepulauan Bangka Belitung dalam operasionalisasi Kebijakan Nasional AMPL-BM adalah mampunya Pemprop (Pokja AMPL) menjadi fasilitator diseminasi adopsi operasionalisasi kebijakan nasional AMPL-BM ke seluruh kota dan kabupaten yang ada di propinsi kepulauan Bangka Belitung. Untuk itu perlunya diselenggarakan lokakarya penyusunan disain diseminasi adopsi operasionalisasi kebijakan nasional AMPL oleh Pokja AMPL Propinsi Bangka Belitung yang didasarkan kepada hasil lokakarya I, hasil FGD dan capaian Pokja AMPL Bangka Selatan dalam melaksanakan adopsi operasionalisasi kebijakan nasional AMPL di Bangka Selatan.
  
Tujuan dari lokakarya ini adalah tersusunnya rencana fasilitasi rencana fasilitasi diseminasi operasionalisasi adopsi kebijakan nasional AMPL oleh Pokja AMPL Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengkaji ulang hasil kinerja Pokja AMPL-BM Propinsi Bangka Belitung, menyusun disain fasilitasi diseminasi kebijakan nasional AMPL-BM, serta menyusun rencana kerja Pokja AMPL-BM Propinsi tahun 2005.
  
Lokakarya dilaksanakan tanggal 18 Desember 2004 di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang. Acara dimulai dengan pembukaan dan pengantar lokakarya (perkenalan, identifikasi harapan dan penjelasan alur lokakarya), dilanjutkan dengan review hasil lokakarya I dan FGD sosialisasi AMPL serta hubungannya dengan lokakarya II, presentasi hasil capaian adopsi operasionalisasi kebijakan nasional AMPL-BM Bangka Selatan, pembahasan disain fasilitasi diseminasi AMPL-BM oleh Propinsi, penyusunan rencana kerja Pokja AMPL Propinsi tahun 2005, serta evaluasi dan penutupan.
  
Hasil dari lokakarya ini adalah adanya kesepakatan disain rencana fasilitasi diseminasi operasionalisasi adopsi kebijakan nasional AMPL oleh Pokja AMPL Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta adanya dokumen rencana kerja Pokja AMPL-BM Propinsi Bangka Belitung tahun 2005.
   
Daftar Isi:
   
Kata Pengantar
Daftar Isi
Pendahuluan
Proses Lokakarya
Hasil Lokakarya
Lampiran:
- Daftar Peserta
- Sambutan dan Laporan Ketua Pokja AMPL Propinsi Kepulauan Bangka Belitung
- Bahan-bahan Lokakarya