Hasil Lokakarya II: Penyusunan Visi-Misi dan Rencana Kerja AMPL Berbasis Masyarakat di Bangka Selatan, Oktober 2004

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan sejak bulan Juni 2004 telah bekerjasama dengan Pokja AMPL Nasional dalam rangka uji coba dan adopsi Kebijakan Nasional AMPL berbasis masyarakat. Salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dalam merespon kerjasama ini adalah dengan membentuk kelompok kerja AMPL berbasis masyarakat tingkat kabupaten Bangka Selatan pada bulan Juli 2004.
  
Setelah menyelenggarakan lokakarya I, tentang pendalaman 11 kebijakan nasional dan 16 strategi pelaksanaan AMPL Berbasis Masyarakat pada awal bulan September 2004 yang lalu, Pokja AMPL Banka Selatan dalam waktu dekat akan menyelenggarakan lokakarya II. Kegiatan penyelenggaraan lokakarya II merupakan penggalian masukan isu/permasalahan AMPL, draft visi-misi-nilai AMPL dan rencana kerja AMPL Daerah Berbasis Masyarakat dari segenap pelaku pembangunan di Bangka Selatan sebagai bahan berharga dalam menyusun draft visi-misi dan rencana kerja AMPL daerah serta draft kebijakan AMPL daerah.
  
Tujuan dari lokakarya ini adalah tersusunnya draft visi-misi dan rencana kerja AMPL berbasis masyarakat Bangka Selatan, mengkaji ulang hasil lokakarya I dan hasil penggalian isu/permasalahan AMPL Kecamatan, menetapkan prioritas permasalahan pengelolaan AMPL daerah, menyusun draft visi-misi dan rencana kerja AMPL daerah secara partisipatif, serta membangun kesadaran bersama terhadap pentingnya keberlanjutan AMPL.
  
Lokakarya dilaksanakan dari tanggal 27-28 Oktober 2004 di Gedung Wanita Toboali, Bangka Selatan. Acara dimulai dengan pembukaan dan arahan oleh Bupati Bangka Selatan, dilanjutkan dengan perkenalan dan harapan dari peserta lokakarya, kaji ulang lokakarya I (pendalaman kebijakan dan strategi kebijakan nasional AMPL Berbasis Masyarakat), kaji ulang hasil penggalian isu/permasalahan AMPL tingkat kecamatan Bangka Selatan, penyusunan kondisi AMPL yang diharapkan serta kemungkinan masalah yang akan timbul dalam upaya pencapaian kondisi AMPL yang diharapkan, penyusunan prioritas isu/permasalahan AMPL Bangka Selatan, identifikasi pelaku AMPL berbasis masyarakat, klarifikasi mandat penyusunan visi-misi-nilai AMPL berbasis masyarakat, penyusunan visi-misi-nilai AMPL berbasis masyarakat, dan diakhiri dengan penyusunan rencana kerja daerah AMPL.
  
Output dari lokakarya ini adalah adanya deskripsi isu dan permasalahan daerah dalam pembangunan dan pengelolaan AMPL daerah masa lalu dan masa sekarang secara umum, faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan dan ketidakberlanjutan pembangunan dan pengelolaan AMPL selama ini, daftar prioritas masalah penanganan AMPL yang berkelanjutan, visi-misi AMPL Daerah, draft rencana kerja AMPL daerah, serta kesepakatan rencana pelaksanaan lokakarya III AMPL tentang penyusunan draft kebijakan AMPL berbasis masyarakat Bangka Selatan

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar isi
Pendahuluan
Proses Lokakarya
Hasil Lokakarya
Lampiran
- Daftar Peserta
- Sambutan, Arahan dan Pembukaan oleh Bapak Bupati Bangka Selatan