Implementasi dan Monitoring Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat - Kiat Monitoring Berbasis Masyarakat (Buku 2)

Implementasi dan Monitoring Kegiatan Pemberdayaan masyarakat: Implementasi Berbasis Masyarakat (Buku 2) merupakan hasil training "Implementasi dan monitoring Part II" yang diselenggarakan di Selong Lombok Timur 12-17 Juli 2006 bekerjasama dengan Yayasan Masyarakat Peduli (YMP) NTB.Training ini lebih menekankan pada monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan implementasi yang teah dilakukan oleh Master Fasilitator PKPM.

Maksud dan tujuan dari training ini adalah memberikan keterampilan kepada peserta sebagai fasilitator masyarakat dalam memfasilitasi pelaksanaan proses monitoring terhadap kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan dimulai dengan brainstorming, curah pendapat, kerja kelompok, diskusi pleno, field practice, dan presentasi yang merupakan refleksi dari hasil lapangan dan feedback hasil kepada masyarakat.

Output dari kegiatan ini adalah:
1.Peserta mengetahui pengertian dan tujuan monitoring, serta tahapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan monitoring.
2.Peserta mempunyai keterampilan memfasilitasi proses pelaksanaan monitoring berbagai kegiatan masyarakat dan tindak lanjutnya.