Laporan Pelaksanaan Replikasi SANIMAS 2004: Summary

 

Sanimas adalah singkatan dari sanitasi oleh masyarakat, sanitation by community. Program ini di implementasikan di 7 kota/kabupaten di 2 provinsi padat penduduk di Indonesia yaitu Jawa Timur dan Bali.

Sanimas 2004 terlaksana atas inisiatif dari direktorat Perumahan dan Permukiman BAPPENAS dan BORDA, bekerja sama dengan pemerintah kota/kabupaten di provinsi Jawa Timur dan Bali. Sedangkan pelaksanaannya dikoordinasikan melalui Direktorat Tata Perkotaan dan Tata Perdesaan Wilayah Tengah dan di lapangan difasilitasi oleh BORDA Partner Network yakni BEST, LPTP dan Bali Fokus.

Sanimas merupakan program baru yang menggunakan cara pendekatan baru bahkan sistem pendanaan yang juga baru. Program - program seperti ini biasanya akan selesai begitu saja, apalagi sebuah pilot proyek, ketika proyek berakhir. Hal terpenting adalah inisiatif dan juga pendanaan agar pilot proyek dapat terus menerus dilaksanakan, dan penting merubah dari sekedar pilot proyek menjadi program yang lebih berjangka panjang.

Pustaka ini berisi ringkasan laporan pelaksanaan replikasi Sanimas yang di implementasikan di 7 kota/kabupaten di 2 provinsi padat penduduk di Indonesia yaitu Jawa Timur dan Bali.