Lokakarya Penyusunan Strategis Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah: Swiss Bell Hotel 22 s/d 24 Mei 2012

Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Propinsi Sulawesi Tengah dibentuk bulan Februari 2012. Dengan umur yang relatif muda Pokja memiliki kinerja yang relatif bagus. Salah satu program kerja yang dijalankan yaitu melaksanakan lokakarya rencana strategis pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Pokja AMPL dalam menyusun perencanaan (partisipatif) dan meningkatkan prioritas bidang air minum dan sanitasi dalam konstelasi pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten-Kabupatennya.

Lokakarya ini diselenggarakan bukan hanya untuk menyusun rencana strategis pembangunan AMPL di Sulawesi Tengah saja melainkan memberikan pelatihan atau transfer of knowledge bagaimana menyusun perencanaan yang partisipatif. Dengan demikian peserta lokakarya ini tidak hanya para pemangku kepentingan di tingkat provinsi saja akan tetapi turut serta pula para penggiat AMPL dari 10  kabupaten di Sulawesi Tengah.

Selain paparan presentasi yang disampaikan oleh narasumber, diskusi kelompok menjadi bagian yang menarik dalam lokakarya ini. Adapun hasil dari diskusi kelompok terbagi dalam dua bagian besar yaitu faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yang meliputi peluang dan ancaman yang dialami Pokja AMPL.