Mikro Biologi Lingkungan

Mikrobiologi merupakan bagian ilmu dari biologi, mikrobiologi lingkungan merupakan bagian dari mikrobiologi yang mempelajari bentuk, sifat dan peranan mikroorganisme di dalam lingkungan (air, tanah, udara).

Bahasan utama dari mikrobiologi lingkungan antara lain mikrobiologi akuatik, mikrobiologi limbah, mikrobiologi tanah dan udara. Peranan bahasan tersebut sering dipakai dalam bidang kesehatan, bidang pertanian, peternakan, perikanan, industri, pengairan dan ruang angkasa. Peranan mikroba telah dikembangkan sebagai jasad yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi lingkungan; dan sebagai jasad dipengaruhi oleh lingkungan. Penggunaan mikroorganisme sebagai jasad parameter alami (indikator alami) terhadap perubahan di alam lingkungan telah banyak digunakan, khususnya akibat pencemaran non domestik atau domestik.

Buku ini mengemukakan beberapa hal baru antara lain biremidiasi, biodegradasi, air kemasan, biotranformasi logam, dan bio treatment. Diharapkan uraian dalam buku ini dapat membantu dalam pemecahan permasalahan lingkungan yang semakin rumit dan pelik. Pemecahan masalah lingkungan dituntun dari berbagai bidang ilmu, salah satunya mikrobiologi lingkungan.

Penggunaan mikroorganisme untuk mengatasi pencemaran lingkungan dipakai sebagai salah satu alternatif karena bersifat aman, akrab, dan ramah terhadap lingkungan dan manusia.