Modul Pelatihan Ketrampilan Dasar Fasilitasi dalam rangka Implementasi Kebijakan Nasional Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat

Air minum dan penyehatan lingkungan adalah kebutuhan dasar manusia untuk melangsungkan dan meningkatkan kualitas hidupnya. Hingga saat ini diperkirakan masih terdapat 100 juta penduduk Indonesia belum mendapatkan kemudahan pelayanan air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) yang memadai. Belajar dari pengalaman masa lalu, banyak investasi besar (program/proyek) dalam bidang AMPL hasilnya belum memenuhi harapan. Prasarana dan sarana yang dibangun tidak berfungsi dengan baik dan kurangnya perhatian masyarakat untuk menjaga keberlanjutannya.
 
Prinsip-prinsip yang melandasi dari pembangunan AMPL meliputi; partisipatif, demokratis, kepekaan kemiskinan dan pelibatan perempuan. Keberlanjutan pembangunan AMPL  akan dipengaruhi oleh beberapa aspek antara lain keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan proyek. Dari serangkaian proses diskusi dan pelatihan partisipatif isu pembangunan AMPL berbasis masyarakat di daerah, ditemukan salah satu faktornya adalah masih lemahnya kemampuan aparatur pemerintah tentang metodologi pelatihan atau dasar fasilitasi program AMPL.
 
Dalam rangka menjawab kendala tersebut diatas maka disusunlah modul pelatihan tentang Pelatihan Ketrampilan Dasar Fasilitasi dalam rangka Implementasi Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL-BM. Pelatihan bertujuan agar peserta dapat memahami kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan pembangunan AMPL berbasis masyarakat, memahami kompetensi fasilitator, dan trampil memfasilitasi program AMPL berbasis masyarakat.

Daftar Isi:

Kata Pengantar

P.B. 1. Dinamika Kelompok
S.P.B. 1.1 Pembukaan
S.P.B. 1.2 Perkenalan dan Pengorganisasian Peserta
S.P.B. 1.3 Tujuan Pelatihan dan Ungkapan Harapan Peserta

P.B. 2 Kebijakan  Pemerintah
S.P.B. 2.1. Diskusi Pendalaman Kebijakan Pemerintah dalam Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat

P.B. 3 Kompetensi Fasilitator
S.P.B. 3.1. Pendidikan Orang Dewasa
S.P.B. 3.2. Dasar-Dasar Fasilitasi
S.P.B. 3.3 Teknik Komunikasi
S.P.B. 3.4. Teknik Penyajian Fasilitasi
S.P.B. 3.5 Media Fasilitasi
S.P.B. 3.6 Etika Fasilitator
S.P.B. 3.7 Penjajagan Kebutuhan Fasilitasi
S.P.B. 3.8 Menyusun Kerangka Acuan Fasilitasi
S.P.B. 3.9 Menyusun Kurikulum Fasilitasi

P.B. 4 Simulasi Fasilitasi
S.P.B. 4.1. Persiapan Simulasi Fasilitasi
S.P.B. 4.2. Pelaksanaan Praktek Fasilitasi
S.P.B. 4.3. Refleksi Praktek Fasilitasi

P.B. 5 Pembulatan dan RKTL
S.P.B. 5.1. Pembulatan Pelatihan
S.P.B. 5.2. Rencana Tindak Lanjut Pelatihan
S.P.B. 5.3. Evaluasi Akhir Pelatihan