Panduan Penguatan Badan Perwakilan Desa : Program peningkatan peranserta masyarakat dalam otonomi daerah & good governance (P3M - OTDA & GG)

Reformasi telah menggulirkan proses demokratisasi dan desentralisai sampai di tingkat desa. Untuk itu UU nomor 22 tahun 1999 memerintahkan dibentuknya BPD dalam pemerintahan desa, dengan fungsi pengayom adat istiadat, legislasi, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah desa.

Buku ini menyajikan 10 tema dialog yakni: mengenal sistem pemerintahan desa, Mengenal BPD, Tata tertib BPD, Peraturan Desa, Anggaran Pendapatan dan belanja Desa, Perencanaan Bersama Masyarakat, Pendekatan Swakelola Bersama Masyarakat, Menyerap dan Menindaklanjuti Aspirasi Masyarakat, Mengenal Badan Usaha Milik Desa dan Penyelesaian konflik Kebijakan Desa. Kesepuluh tema dialog diangkat dari pengalaman aksi refleksi di lapangan yang melibatkan berbagai pelaku, dan merupakan kebutuhan minimal setiap anggota BPD yang sungguh berniat menjadi wakil rakyat sejati.