Pedoman pelaksanaan program tingkat masyarakat

Buku pedoman ini diperuntukkan bagi para pelaku pelaksana Pamsimas terutama Fasilitator Masyarakat, LKM dan Badan Pengelola.  

Program Pamsimas merupakan salah satu program PNPM Mandiri Pendukung dalam rangka menciptakan masyarakat hidup bersih dan sehat melalui penyediaan pelayanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, dimana masyarakat peserta program berperan sebagai pelaku utama dan penentu dalam seluruh proses persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan.

Desa/kelurahan yang berhak menerima program Pamsimas adalah yang memiliki kriteria sebagai berikut indeks kemiskinan tinggi; akses terhadap sarana air minum dan sanitasi rendah; tingkat penyakit diare/terkait air tinggi; dan belum mendapatkan program sejenis (air minum dan sanitasi) dalam 2 tahun terakhir.

Adapun pelaksanaan dari program ini terdiri dari implementasi RKM I yang meliputi pelatihan di tingkat masyarakat, pembangunan konstruksi sarana air minum dan sarana sanitasi umum; dan implementasi RKM II yang meliputi pelatihan tentang perilaku hidup bersih dan sehat dan pelaksanaan kegiatan PHBS di Masyarakat dan sekolah. Program ini tidak dapat berhenti begitu saja, akan tetapi harus ada pemeliharaan dan keberlanjutannya sehingga masyakarat dapat menerima manfaat, mengelola, mengembangkan pelayanan, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat dan kegiatan pelestarian sumber daya air dan lingkungan. Untuk itu pihak Pamsimas perlu melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan.