Program Penunjang Kegiatan Operasionalisasi Kebijakan Nasional AMPL Berbasis Masyarakat di Daerah (Buku 4: Panduan)

Buku 4 ini merupakan bagian keempat dari lima buku panduan pelaksanaan Kebijakan Nasional Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL BM) di daerah. Buku ini berisi tentang panduan penyelenggaraan kegiatan penunjang pelaksanaan kebijakan di daerah. Dengan adanya panduan ini, diharapkan mendapat kejelasan dalam memahami kebutuhan daerah dalam peningkatan kapasitas guna melakukan kegiatan-kegiatan pelaksanaan kebijakan.
 
Buku panduan ini dapat digunakan oleh berbagai pihak sesuai kebutuhan, baik pemerintah kabupaten/kota yang menyelenggarakan kegiatan pelaksanaan kebijakan, pemerintah provinsi yang menyelenggarakan pelaksanaan kebijakan di tingkat provinsi, maupun dalam mendukung kegiatan pelaksanaan kebijakan di kabupaten/kota. Juga dapat digunakan oleh pemerintah pusat atau stakeholder lain dalam mendukung kegiatan pelaksanaan kebijakan AMPL-BM.
 
Buku panduan ini terdiri dari tiga bagian: Bagian 1 Umum, Bagian 2 Garis Besar Panduan, serta Bagian 3 Panduan Penyelenggaraan yang terdiri dari: Lokakarya Pelaksanaan Kebijakan, Lokakarya Pelatihan Keterampilan Dasar Fasilitasi, Lokakarya Orientasi MPA PHAST, Lokakarya Pelatihan Penyusunan Perencanaan Strategis AMPL, dan Lokakarya Pelatihan Pemicuan CLTS. Sedangkan bagi yang membutuhkan panduan rinci, dapat dilihat pada buku 5, dalam bentuk file elektronik di CD, sebagai bagian tak terpisahkan dari buku ini.

Daftar Isi:

Kata Sambutan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Singkatan

Bagian I Pendahuluan
A. Gambaran Umum
B. Garis Besar Isi Panduan

Bagian II Panduan Penyelenggaraan
A. Kegiatan 1: Lokakarya Pelaksanaan Kebijakan
B. Kegiatan 2: Lokakarya dan Pelatihan Ketrampilan Dasar Fasilitasi
C. Kegiatan 3: Lokakarya Orientasi MPA-PHAST
D. Kegiatan 4: Lokakarya dan Pelatihan Penyusunan Rencana Strategis AMPL Berbasis Masyarakat
E. Kegiatan 5: Lokakarya dan Pelatihan CLTS (Community Led Total Sanitation)

Bagian III Penutup