Uji Kemampuan Abu Sekam Padi Sebagai Media Adsorpsi Untuk Menurunkan Kadar Seng (Zn) Dari Limbah Cair Industri Gallanisasi Logam

Kegiatan industri yang semakin meningkat mempunyai dampak positif dan negatif. Dampak negatif dari berkembangnya kegiatan industri yaitu dihasilkannya limbah cair sebagai hasil samping proses produksi. Air buangan sisa proses galvanisasi perlu diolah terlebih dahulu untuk menurunkan kadar logam sebelum masuk ke perairan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyisihan Zn dengan abu sekam padi, menguji kemampuan adsorpsi abu sekam padi, menghitung nilai konstanta kecepatan dan kapasitas abu sekam padi terhadap logam Zn. Metode yang digunakan adalah metode analisis laboratorium yang terdiri dari dua tahap yaitu secara batch dan kontinyu. Proses batch dilakukan dengan memvariasikan ukuran butir dan berat media. Proses kontinyu dilakukan dengan memvariasikan nilai konsentrasi awal. Media yang mempunyai efisiensi penyisihan paling efektif pada proses batch akan digunakan dalam proses kontinyu. Hasil proses batch menunjukkan bahwa abu berukuran ES = 0,270 mm dan abu berdasarkan effective size mempunyai persen penyisihan yang paling tinggi. Diperoleh konsentrasi akhir Zn pada ukuran butir tersebut sebesar 0,473-0,863 mg/l, atau efisiensi penyisihan sebesar 78,425 %-88,175 %.  Pada proses kontinyu didapatkan nilai k1=23,21 ml/mg.detik dan q0=1,956 . 10-6 mg/mg untuk konsentrasi awal 5 mg/l, serta didapatkan nilai k1=15,4 ml/mg.dtk dan q0=2,099 . 10-6 mg/mg untuk konsentrasi 6 mg/l.

 

Pustaka ini tersedia di Perpustakaan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Telp. 024-76480678 (Ibu SRI)